Sunday, February 13, 2011

Waspada Kanker Payudara


Artikel kali ini tentang Kanker Payudara.. tau sendiri kan, betapa bahayanya kanker ini.

Kanker Payudara (Ca Mammae -baca: Ce-A Mama-) menjadi penyebab kematian kedua terbanyak setelah kanker serviks pada wanita di Indonesia. Yang paling penting dari Ca Mammae adalah DETEKSI DINI. karena, semakin awal kita mendeteksi adanya keanehan pada payudara, semakin tinggi angka kesembuhannya.

nah, bagaimana cara melakukannya... Ada suatu teknik yang dikenal luas di Indonesia, yaitu SADARI (perikSA payuDAra sendiRI), mungkin bagi para suami bisa diartikan juga perikSA payuDAra istRI..haha.. karena tidak jarang, yang menemukan kelainan pada payudara adalah suami pasien. Mungkin ditemukan ketika melakukan ''aktifitas rutin''.. wkwkk..

Bagaimana langkahnya?

Simpel saja...

1. berdiri di depan cermin ketika mandi atau berpakaian

2. angkat tangan pada sisi payudara yang akan diperiksa, amati payudara anda, perhatikan adakah benjolan, cairan, darah, atau penarikan kulit?

3. terkadang benjolan pada stadium awal tidak tampak dari luar. maka lakukan pemeriksaan dengan bagian dalam jari-jari tangan anda,raba payudara anda dari sekitar ketiak, bawah bahu, tengah dada, dan bagian lipatan dengan arah melingkar ke arah puting. lakukan PERLAHAN dan TELITI. cari benjolan, atau rasa nyeri ketika anda raba/tekan. Bila anda merasa ada sesuatu yang tidak normal, segera ke dokter.

4. raba juga ketiak anda yang satu sisi dengan payudara, adakah benjolan disitu. ketiak adalah tempat kelenjar getah bening yang berhubungan langsung dengan payudara, bila ada benjolan disitu dan payudara anda, 75% adalah Ca Mammae yang telah Metastasis (Stadium II-III).

lakukan pemeriksaan ini minimal 1 bulan sekali,,terutama bagi anda yang berusia lebih dari 35 tahun.

Bila payudara sering mengeluarkan cairan berulang, sementara anda tidak sedang dalam masa menyusui... dan keluarnya cairan dari satu tempat yang tetap.. apalagi warna merah atau kuning seperti nanah, jangan ragu juga untuk hubungi dokter.

Nyeri pada payudara ketika mens bukanlah gejala awal Ca Mammae, itu aktivitas normal dari kelenjar payudara yang membesar karena efek hormon estrogen.

so, keep watch on your breast mom.

semoga bermanfaat

.::mdap'11::.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Dokter Kandungan praktek di RSUD dr. Soetomo, RS William Booth Surabaya, RS WIjaya