Saturday, June 26, 2010

Bahaya Ayam Potong Pada Junk Food Bagi Kesehatan


Junk Food, rasanya kata itu tidak asing lagi di telinga kita terutama pada zaman sekarang dimana restoran cepat saji menjamur dimana-mana. Junk artinya sampah, Food artinya makanan, Junk Food artinya makanan sampah. Ya, makanan dari restoran cepat saji ini disajikan dengan instan ini tidak banyak memberikan manfaat bagi tubuh kita selain kenyang dan energi sesaat. Sisanya adalah kolesterol dan bahan-bahan aterogenik lain yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan di kemudian hari. Tahukah anda bahwa ayam potong yang disajikan di restoran cepat saji tersebut mengandung banyak estrogen? Mungkin kalo dirunut alur ceritanya begini, ayam potong yang disiapkan untuk di jadikan santapan di restoran saji di pelihara oleh tempat peternakan dan pemotongan ayam. Ayam tersebut diberi makanan secara rutin tanpa harus mencari makan sendiri, logikanya ayam yang sedikit aktivitasnya pasti dagingnya kecil, namun yang sering kita lihat pada ayam-ayam yang disajikan pada restoran cepat saji adalah daging yang besar dan empuk. Mengapa daging ayam-ayam tersebut besar dan empuk? karena efek estrogen yang berlebihan.
Estrogen memiliki efek memperbesar massa otot, biasanya sering dipakai pada pria-pria yang hobi membentuk tubuh. Darimana estrogen-estrogen tersebut didapat? Bisa saja ayam tersebut disuntik secara langsung oleh si peternak atau makanan ayam tersebut mengandung senyawa estrogen. Makanan ayam potong adalah semacam kroto yang dibuat dari bahan-bahan organik yang sudah tidak dapat dikonsumsi oleh manusia, mungkin roti atau makanan lain yang sudah kadaluwarsa kemudian di proses hingga menjadi makanan ayam.

Nah, dari beberapa bahan organik yang kadaluwarsa tersebut seringkali terdapat spesies jamur Fusarium sp. jamur ini dpt membuat estrogen sintetis yang sifatnya sama dengan estrogen yang diproduksi oleh kelenjar Gonad manusia. Beberapa efek estrogen adalah untuk kelancaran siklus menstruasi, memperbesar payudara, pertumbuhan tulang dan proteksi jantung, namun efek-efek baik tersebut akan menjadi buruk bila kadar estrogen di dalam tubuh berlebih. Sebagai contoh pada anak perempuan yang masih usia pertumbuhan akan lebih cepat tinggi dibanding teman-teman se-usianya, namun pertumbuhan tulangnya akan lebih cepat berhenti. Sehingga sering kali anak perempuan yang tinggi saat SD, bisa kalah tinggi dengan teman lainnya ketika SMA. Kemudian menstruasinya bisa terjadi lebih dini, normalnya anak menstruasi adalah 12 tahun, namun bila terjadi hipersetrogenism dalam tubuh, menstruasi bisa terjadi pada usia 8 atau 9 tahun. Efek buruk menstruasi lebih dini adalah menopause yang lebih awal, menopasue yang lebih awal akan mempercepat terjadinya osteoporosis dan resiko sakit jantung yang lebih besar. Sedangkan pada pria, hiperestrogenism dapat menyebabkan pembesaran payudara (Ginekomastia), atrofi testis sehingga tidak bisa menghasilkan sperma, dan penis yang tidak sempurna pertumbuhannya. Jadi sebaiknya bijaklah dalam mengkonsumsi makanan-makanan cepat saji.=)

.::mdap dari berbagai sumber::.

Wednesday, June 9, 2010

Diabetes Mellitus (Kencing Manis)

Judul dari artikel ini rasanya tidak asing lagi di telinga kita. Diabetes Melitus atau Kencing Manis atau seringkali disingkat DM di kalangan praktisi kesehatan adalah suatu penyakit kronis atau menahun yang disebabkan oleh peningkatan kadar gula di dalam darah dengan segala macam akibatnya. Penyakit ini disebut "the silent killer" oleh karena sifatnya yang "membunuh" secara perlahan-lahan orang-orang yang memilikinya.
Tipe Diabetes Melitus
Secara garis besar ada dua tipe DM, yaitu DM tipe 1 dan DM tipe 2. Perbedaannya adalah:
DM1:
*terjadi karena kerusakan pankreas sehingga tidak bisa menghasilkan insulin (hormon yang mengikat gula darah ke dalam sel)
*tidak ada hubungan dengan obesitas atau gaya hidup yang salah, DM tipe 1 murni karena rusaknya pankreas sejak lahir
*terjadi pada masa-masa muda (<>
*mudah terjadi Keto Asidosis Diabetikum (untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, mungkin bisa dicari di google.^^ )
*pengobatannya hanya dengan suntik insulin, oleh karena itu DM tipe 1 ini juga disebut "Insulin Dependent Diabetes Mellitus"

DM2:
*terjadi karena resistensi insulin terhadap gula darah, akibat terlalu sering terpapar dengan gula darah
*sangat berhubungan erat dengan obesitas dan pola hidup yang "ngawur"
-banyak terjadi pada usia tua ( >40 th)
*jarang mengalami KAD
*pengobatannya menggunakan Obat Anti Diabetes (OAD) dan bila OAD tidak mempan, diganti dengan insulin.


Apa saja tanda-tanda kencing manis?
Yang pertama adalah ditemukannya gejala klasik yaitu badan kurus tanpa sebab yang jelas, banyak minum (polidipsi) dan sering kencing (poliuri), kemudian meningkatnya kadar gula darah acak (GDA) >200 mg/dL, gula darah puasa (GDP) >126 mg/dL dan gula darah 2 jam post prandial (GD2JPP) >200 mg/dL.

to be continued......(ngantuk -- )

Sunday, June 6, 2010

Demam Berdarah Dengue

Tampaknya demam berdarah dengue masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia yang pasti muncul setiap tahun. Pada artikel ini akan saya bahas mengenai penyakit ini mulai dari definisi hingga terapinya.

Definisi

DBD adalah suatu penyakit infeksi virus Dengue (ada 4 strain: 1,2,3,4) yang sifatnya akut dan self limiting disease (bisa sembuh sendiri) yang ditandai dengan demam berpola pelana kuda-saddle back fever (hari 1 dan 2 tinggi kemudian normal pada hari 3-4 dan meninggi lagi pada hari 5-6).

Gejala

Menurut WHO, gejala-gejala terkena demam berdarah dengue adalah:
1. Pola demam saddle back fever
2. Ada pembesaran hepar/lien (limpa)
3. Trombositopenia (penurunan trombosit) disertai tanda-tanda perdarahan (bintik-2bintik merah/petechiae, gusi berdarah, atau mimisan)
4. Bisa disertai tanda-tanda pre-shock sampai shock

Grade atau tingkatan DBD menurut WHO

I. Bila tanda-tanda perdarahan hanya muncul dengan rumple leed test (muncul bintik2 merah di lengan bawah bagian dalam)
II. Bila terdapat perdarahan spontan, namun belum sampai ada tanda-tanda shock
III. Bila ada tanda-tanda pre-shock (nadi cepat dan lemah, tensi turun, telapak tangan terasa anyep/dingin)
IV. Bila ada tanda-tanda shock (nadi tak teraba, tensi tak terukur, penurunan kesadaran, telapak tangan dingin)

Diagnosis DBD
1. Dengan tanya jawab dan pemeriksaan fisik gejala-gejala yang telah disebutkan diatas
2. Tes laboratorium darah lengkap untuk mengetahui adakah hemokonsentrasi akibat plasma leakage (ditandai dengan peningkatan Hb dan MCV >20%. Bila nilai Hb dan MCV sebelum sakit tidak diketahui, gunakan acuan Hb >15 gr/dL atau MCV>50%)
3. Lakukan tes serologi Ig G dan Ig M anti-Dengue. Bila Ig M +, berarti infeksi baru. Bila Ig G + berarti infeksi lama yang kambuh (relaps). Dua tes ini positif pada hari ke-2 s.d ke-5.

Tata Laksana DBD

Pada prinsipnya adalah jangan sampai jatuh dalam keadaan shock. Shock terjadi karena adanya proses plasma leakage (kebocoran plasma) sehingga cairan intra vaskular (cairan/plasma darah) mengalami ekstravasasi ke jaringan interstitial (jaringan antar sel) yang menyebabkan perfusi (suplai darah) jaringan menurun. Plasma Leakage sendiri terjadi akibat adanya trombositopeni dan reaksi inflamasi (radang) yang menyebabkan permeabilitas (kemampuan menyaring zat) endotel (sel yang melapisi pembuluh darah) meningkat sehingga molekul-molekul plasma dapat lewat dengan mudah. Tanda-tanda plasma leakage adalah efusi pleura, oedema dan ascites. Berikut ini saya jelaskan tata laksana DBD,

1. Beri cairan yang cukup, bila masih bisa minum, berikan air kurang lebih 2 L/hari. Bila penderita lemah, pasang infus NaCl atau RL 500cc 21 tetes per menit. TERAPI CAIRAN SANGAT PENTING UNTUK TATA LAKSANA DBD.

2. Nutrisi tinggi kalori tinggi protein. Banyak makan. Pada penyakit infeksi, terutama yang disertai demam, terjadi hiperkatabolisme, sehingga banyak zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh terurai lebih banyak daripada keadaan normal dan juga untuk mempercepat proses penyembuhan.

3. Terapi supportif dan simtomatis. Dapat diberikan vitamin atau jus jambu merah yang bersifat anti oksidan. Bila panas tinggi berikan Paracetamol.

Komplikasi
1. Karena Trombositopeni: perdarahan organ-organ vital seperti otak atau organ pencernaan
2. Karena Plasma Leakage: efusi Pleura, ascites, oedema.

beware..

Prediksi Secara Statistik Piala Dunia


Piala Dunia, World Cup... hmm, kata itu sepertinya tidak asing lagi di telinga masyarakat dunia, apalagi saat ini sudah H-5 piala dunia 2010 Afrika Selatan. Artikel kali ini akan membahas beberapa hal tentang Piala Dunia, baik itu sejarah dan kejadian-kejadian unik yang terjadi di setiap piala dunia.

Sejarah Piala Dunia

FIFA telah membahas kompetisi sepak bola antar negara sejak tahun 1905, namun baru terealisasi tahun 1930 karena kejuaraan antar dunia sudah ada Olimpiade. Adalah dua orang dari negara Prancis yang menggagas ide untuk mengadakan kejuaraan sepak bola antar bangsa tersebut, Julies Rimet -akhirnya menjadi nama trofi- dan Henry Delauney. Uruguay terpilih menjadi tuan rumah pertama piala dunia 1930 dengan alasan negara tersebut menjuarai cabang sepak bola pada olimpiade edisi 1924 dan 1928 (dua kali berturut-turut). Pelatih Uruguay pada saat itu, Ondino Viera, mengatakan "tiap negara mempunyai sejarahnya masing-masing, dan Uruguay terkenal dengan sepak bolanya". Selain Uruguay ada 4 negara lain yang mencalonkan diri sebagai tuan rumah, yaitu Italia, Belanda, Swedia dan Spanyol namun kalah bersaing. Pencetak gol pertama dalam sejarah piala dunia adalah Lucient Lauren dari Prancis dan Uruguay berhasil menjuarai turnamen ini setelah di partai final mengalahkan Argentina dengan skor 4-2. Top skor pertama pada turnamen akbar yang dihelat 4 tahunan tersebut adalah Guillermo Stabile dari Argentina dengan 9 gol. Kemudian turnamen ini dilanjutkan tahun 1934 dan 1938 yang dijuarai oleh Itali dengan bintangnya saat itu, Bennito Mussolini eh maksud saya Giuseppe Meazza. Piala Dunia ini sempat terhenti setelah tahun 1938 karena perang dunia 2 dan mulai dilanjutkan lagi pada tahun 1950 di Brazil yang kembali dijuarai oleh Uruguay setelah mengalahkan tuan rumah Brazil 1-2.

Beberapa Kejadian unik di piala dunia

1. 4 tim Britania Raya (Inggris, Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara) menolak ikut serta pada piala dunia 1930-1938 karena kesal dengan FIFA. 4 tim tersebut menolak berangkat karena mempermasalahkan pembayaran pemain amatir di Olimpiade yang tidak ditepati oleh FIFA.
2. Kali ini Uruguay yang "ngambek" dan mangkir pada Piala Dunia 1934 karena kecewa dengan terhadap negara-negara kuat yang tidak menghadiri pesta mereka 4 tahun sebelumnya
3. Laga Brazil vs Rep. Ceko tahun 1938 disebut laga terkeras piala dunia sampai saat ini, Setidaknya tercata dua tungkai yang patah dalam pertandingan yang berakhir seri 1-1 ini. Kiper Frantisek Planicka menderita patah tulang tangan dan pemain depan Oldrich Nejedly patah kaki setelah menyamakn gol Leonidas di awal pertandingan, Ceko menyisakan 9 pemain, Brazil 8 pemain.
4. Inggris mulai berpartisipasi pada piala dunia 1950. Tidak demikian dengan Skotlandia, mereka menolak berangkat karena baru saja mengikuti turnamen di negaranya.
5. Pada Piala Dunia 1954 ada empat grup, tiap grup terdapat dua unggulan dan mereka tidak perlu saling bertemu. Mereka hanya bermain melawan tim-tim non unggulan. Ada juga peristiwa "Battle of Berne", pertandingan antara Brazil-Hungaria yang diwarnai bogeman dan tendangan antar pemain dari kedua tim, bahkan berlanjut sampai ruang ganti. Hungaria berhasil menang 4-2. Bintang Hungaria saat itu, Frenc Puskas tidak dapat bermain karena cedera.
6. Brazil dengan Pele sang bintang yang bertemu tuan rumah Swedia di final PD 1958 harus membeli kaos berwarna biru karena kaos warna kuning milik Brazil akan rancu dengan warna kuning tim Swedia. Sejak saat itu Brazil selalu menggunakan warna biru dalam setiap pertandingan tandang mereka.
7. Setelah "Battle of Berne", kali ini "Battle of Santiago" di piala dunia 1962. Aktornya adalah pemain-pemain tuan rumah Cile dan Itali. Diawali dari pemain Cile yang meludahi pemain Italia, kemudian penyerang Cile, Leonel Sanchez yang anak seorang petinju mematahkan hidung Umberto Maschio dengan hook kirinya, dan aksi-aksi brutal lainnya terus berlanjut. Ada juga peristiwa striker Inggris saat itu Jimmy Greaves menangkap anjing yang nyelonong masuk lapangan dan menjadikannya hewan piaraan.
8. Pada piala dunia 1966, bintang Portugal, Eusebio, menjadi buah bibir karena 4 golnya membalikkan kedudukan menjadi 5-3 setelah sempat tertinggal 3-0 dari Korea Utara. ada juga kisah seekor anjing yang berhasil menemukan trofi Julies Rimet yang sempat hilang. Trofi ini ditemukan di sebelah tanggara London.
9. Bobby Moore sempat tertahan di Kolombia karena dituduh mencuri gelang. Namun hal itu tidak mempengaruhi penampilannya di piala dunia 1970 meski akhirnya Inggris harus tersingkir oleh Jerman di perempat final. Final piala dunia yang diselenggarakan di Meksiko ini menjadi yang pertama kali disiarkan dalam televisi berwarna.
10. Final piala dunia 1974 yang mempertemukan Belanda dan Jerman barat adalah final pertama yang melakukan tendangan penalti, dan itu langsung terjadi 2 kali, 1 untuk Belanda dan 1 untuk Jerman.
11.
Prediksi Juara Piala Dunia 2010

sebelum memprediksi siapa Juaa Dunia 2010 nanti, mari kita lihat distribusi juara sejak tahun 1930..
1. PD 1930- Uruguay (latin)
2. PD 1934- Itali (eropa)
3. PD 1938- Itali (eropa)
4. PD 1950- Uruguay (latin)
5. PD 1954- Jerman Barat (eropa)
6. PD 1958- Brazil (latin)
7. PD 1962- Brazil (latin
8. PD 1966- Inggris (eropa)
9. PD 1970- Brazil (latin)
10. PD 1974- Jerman Barat (eropa)
11. PD 1978- Argentina (latin)
12. PD 1982- Itali (eropa)
13. PD 1986- Argentina (latin)
14. PD 1990- Jerman (eropa)
15. PD 1994- Brazil (latin)
16. PD 1998- Prancis (eropa)
17. PD 2002- Brazil (latin)
18. PD 2006- Itali (eropa)
19. PD 2010- ???

Kita liat sejak tahun 1962-2006, juaranya pasti selang-seling antara latin dan eropa... Dan menurut statistik iseng itu, piala dunia 2010 adalah "jatahnya" negara Amerika Latin. sekarang negara Amerika Latin yang berlaga di piala dunia adalah Brazil, Argentina, Uruguay, Paraguay dan Chile. Dari sejarahnya, ada 3 tim Latin yang berhasil jadi juara dunia, Argentina, Uruguay dan Brazil. Nah dari 3 itu yang ikut serta dalam siklus itu cuma Argentina dan Brazil, jadi bila siklus ini masih berlaku nanti, mungkin 2 negara itu yang akan juara. Argentina atau Brazil?
Karena Argentina punya Messi yang diprediksi akan bersina di piala dunia nanti, saya prediksi Argentina yang akan Juara... =)

Saturday, June 5, 2010

Dunia Maya Heboh dengan Luna Maya




Sejak tanggal 4 Juni 2009 dunia cyber di hebohkan dengan beredarnya video-video mirip Luna Maya dengan seorang pria yang diduga sebagai Ariel. Video tersebut awalnya di upload di situs jejaring sosial facebook.com dan dengan cepat beredar ke seluruh penjuru dunia maya. Namun, jangan berharap dapat men-download video ini dengan mudah, karena berdasarkan penglaman penulis sendiri, link-link yang menyediakan video tersebut sudah di blok. Baik yang dari youtube, rapidshare atopun ziddu.. Video yang banyak beredar ada dua versi, yang durasinya 6 menit dan durasinya 2 menit.
Apakah video itu asli?
Menurut beberapa "pengamat (atau penikmat ya? :p) video", video tersebut 80% asli. Selain kemiripan wajah dengan Luna Maya, pemblokiran semua link yang ada videonya, kebiasaan memakai gelang di tangan kanan dan tattoo di pinggul kiri juga menjadi salah satu alasannya.
hmm... aneh2 aja...

About Me

My photo
Dokter Kandungan praktek di RSUD dr. Soetomo, RS William Booth Surabaya, RS WIjaya